http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Saturday, June 27, 2015

Berkeliling Old Quarter di Hanoi, Vietnam

http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Bila Anda berkunjung ke Hanoi dengan anggaran terbatas, kemungkinan besar Anda akan menginap di kawasan pusat kota Old Quarter. Di sini terdapat berbagai akomodasi murah, baik berupa hostel jenis asrama (satu kamar dipakai banyak orang) maupun hotel biasa.

Kawasan ini terletak di antara Danau Hoan Kiem dan Jembatan Long Bien, dahulu merupakan pusat perdagangan di kota ini. Awalnya, daerah ini terdiri dari 36 jalan, dengan masing-masing jalan memiliki spesialisasi tertentu, misalnya kerajinan kayu, penenun kain sutera, pembuat obat-obatan tradisional dan sebagainya.

Saat ini masih ada sisa-sisa masa lalu walaupun banyak juga pertokoan modern, butik-butik mewah, serta hotel, agen perjalanan, dan restoran seiring perkembangan Old Quarter sebagai pusat pariwisata Hanoi. Apa saja yang menarik untuk dikunjungi di sini?

1. Danau Hoan Kiem

http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Sebagai jantung kota Hanoi paling sesuai dikunjungi saat pagi hari. Penduduk setempat serta ekspatriat biasanya tengah lari pagi, melakukan tai chi, dan olahraga lainnya. Duduk-duduk di pinggir danau sambil menikmati kopi Vietnam kental untuk melawan sejuknya udara Hanoi bisa jadi pilihan rekreasi yang menyenangkan sekaligus hemat. Siapa tahu Anda bisa menyaksikan munculnya kura-kura raksasa yang tinggal di danau.

2. Jembatan The Huc

http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Merupakan ikon kota ini. Jembatan berwarna merah ini menghubungkan daratan utama dengan Kuil Ngoc Son di tengah danau.

Jembatan The Huc yang menghubungkan antara daratan utama dengan Kuil Ngoc Son. Foto: Olenka Priyadarsani

3. Kuil Ngoc Son

http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Terletak di sebuah pulau kecil di bagian utara Danau Hoan Kiem. Secara harafiah arti dari Ngoc Son adalah Gunung Batu Jade. Sejarah mengenai kuil ini bermula pada abad ke-14, namun bangunan kuil yang masih ada sekarang mungkin dibangun pada abad ke-18. Tiket masuk 3.000 dong. Anda dapat membelinya di loket pembelian tiket sebelum jembatan The Huc.

4. Pasar Hang Da

http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Terletak di jantung kota Hanoi, walaupun bukan pasar terbesar di ibukota Vietnam ini. Pasar ini menjual berbagai macam barang seperti bunga-bunga segar, anggur impor, pakaian bekas, dan tentu saja kain. Anda dapat menemukan berbagai buah segar, sayuran di pinggir jalan dan di lantai dasar. Di lantai dua dan tiga para pedagang kain, pakaian, keramik, dan tembikar. Berkunjunglah ke pasar ini pada pagi hari karena saat itulah pasar sangat hidup. Jangan lupa bawa kamera!

5. Memorial House Hanoi





 http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Adalah salah satu saksi sejarah Old Quarter. Rumah yang berada di 87 Pho Ma May ini dibangun dengan gaya tradisional Cina yang menggambarkan kehidupan para pedagang pada masa itu. Renovasi dilakukan pada bulan Oktober 1999 dengan bantuan dari kota Toulouse Perancis. Tiket masuk 3.000 dong.

6. Hidangan kuliner di malam hari sangat cocok buat memanjakan perut. Salah satu yang paling saya rekomendasikan adalah makanan laut segar. Dua jalanan yang terkenal dengan pedagang seafood yaitu Tong Duy Tan dan To Hien Thanh. Anda biasanya disuruh memilih jenis apa yang Anda inginkan per kilo, dan bagaimana cara memasaknya. Ada berbagai macam cara memasak, misalnya kerang yang dikukus dengan jahe, daging kepiting ditumis dengan bihun, cumi panggang, bahkan udang yang direbus dalam bir.

http://sakuratoto.com/?ref=jovial88

Enam hal di atas belum mencakup keseluruhan atraksi wisata di Old Quarter. Tempat ini sangat menarik dengan berjuta warna-warninya. Yang paling penting, kawasan Old Quarter dapat dikelilingi hanya dengan berjalan kaki. Selamat bertualang di Hanoi!


www.sakuratoto.com

No comments:

Post a Comment